top of page

Terpilih Sebagai Co – Leader GMD KBB CIMAHI



Alhamdulillahirabbil’alamin, lagi dan lagi, atas rahmat dan karunia Allah, kita diberkahi dengan kader–kader BERPRESTASI dalam bidangnya masing–masing. MASYA ALLAH


Jadi gini nih ikhwafillah, setelah kemarin ada prestasi dari angkatan 2018, terus dari angkatan 2019, SEKARANG kita dapet kader berprestasi dari kader paling muda, yapppp KADER ANGKATAN 2020.


Yeayyy, Alhamdulillah Bangett


Seorang pemuda bernama lengkap R Muhammad Syaepul Muzieb Mulyana, atau akrab disapa akh Muzieb, Berhasil TERPILIH sebgai CO Leader GMD – KBB Cimahi. Masya Allah ...

Padahal masih muda banget, tapi qodarullah akh Muzieb terpilih. Terus pada penasaran gak sih GMD – KBB Cimahi itu apa? penasaran juga gak sih, kok bisa ya akh Muzieb terpilih? Atau malah pengen banget nih kaya Akh Muzieb?


Kalau penasran yukkk kita simak wawancara Spesial bareng Akh Muzieb!!!


Siapa itu akh Muzieb ????

Ini dia Orangnya





Udah Kenalkan??? Udah tahu juga??? Yukk ahh kita Lanjuttt


Team Ngobrol Bareng Kader: Apa itu GMD – KBB Cimahi?


Akh Muzieb: Sebelum ke-GMD KBB Cimahi paling Muzieb jelasin dulu GMD itu apa? Jadi GMD itu adalah Gerakan Mengajar Desa, salah satu gerakan yang mengusung tema pendidikan terbesar di Jawa barat, yang diinisiasi oleh pemuda Jawa Barat untuk memberdayakan pemuda dan memberdayakan masyarakat desa. GMD ini hadir atas keresahan pemuda bahwa pendidikan di Indonesia masih belum merata gitu, dan kami percaya bahwa pendidikan yang lebih baik di desa akan membuat Indonesia semakin maju lagi. Nah untuk GMD KBB Cimahi ini layaknya sebuah cabang gitu ... jadi kami para tutor memfokuskan diri di wilayah KBB Cimahi-nya.


Team Ngobrol Bareng Kader: Ohh gitu ya akh, menarikkk bangett semangat para PEMUDA ini!! Kita lanjut kepertanyyan berikutnya ya akh! Jadiii pertanyaan selanjutnya ituu Akh Muzieeb kok bisa tahu sih tentang GMD?? Kok bisa tertaik buat ikut???


Akh Muzieb: Muzieb tau GMD ini dari rekan di organisasi lain yang memang ikut GMD, walaupun bukan dari GMD KBB Cimahi sih. Temen Muzieb ini, cerita tentang Visi Misi dan tujuan dibentuknya GMD. Dari sana Muzieb tertarik untuk mendaftar menjadi tutor Inspiratif dan memilih wilayah KBB Cimahi agar lebih mudah akses saat berkuliah di UNJANI dan mengenal jauh sosial di sekitar KBB Cimahi. Menurut Muzieb, kita bebas ingin mencerdaskan siapapun dan dimana pun selama kita memiliki bendera yang sama itu bukan jadi masalah dan merupakan bentuk nasionalis kita sebagai masyarakat Indonesia.


Team Ngobrol Bareng Kader: Wah wahh, kerenn banget, kira-kira ni akh, rekan-rekan kita yang baca bisa ikut gak sih?? Terus gimana caranya? Kan lumayan banget gituu bisa dapet pengalaman yang luar biasa??


Akh Muzieb: BISA BANGET, Syaratnya mudah buat ikut GMD, jadi setiap 6 bulan itu ada oprec buat ikut GMD. Syaratnya itu harus WNI, usianya antara 17-23 tahun, memiliki komunikasi dan komitmen untuk terus belajar serta berproses pada hal yang baru, punya ketertarikan di bidang pendidikan, siap berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan, siap menginspirasi dan melaksanakan program pengabdian GMD, sehat jasmani rohani, bertanggungjawab dan siap berkontribusi.


Akh Muzieb: Oh iya tambahan, Jadi syarat untuk ikut GMD ini ngga harus mahasiswa. Bahkan siswa-pun bisa ikut, atau yang sudah tidak ikut pendidikan formal yang penting masuk dalam kriteria syarat menjadi Tutor Inspiratif. Jadi untuk proses pendaftaran nya, temen-temen bisa pantengin Instagram @mengajardesa ataupun @mengajardesa_kbbcimahi.


Team Ngobrol Bareng Kader: Akh Muzib Kok bisa sih jadi Co Leadernya??


Akh Muzieb : Kebetulan Muzieb emang nyalonin karena memiliki niat untuk berkecimpung lebih dalam di bidang pendidikan, bisa memperluas relasi juga plus meningkatkan softskill.


Team Ngobrol Bareng Kader: Boleh tolong ceritakan akh, bagiamana proses dan pengalaman sewaktu seleksi?


Akh Muzieb: Awalnya itu, dari GMD Nusantara, disana ada tahap seleksi buat nanti masuk ke kokab yang dituju. Jadi bebas buat tutor inspiratif untuk ikut ke GMD manapun asalkan memenuhi syarat yang tadi. Prosesnya itu kaya masuk web untuk melakukan pendaftaran (motivasi, alasan, CV juga ada). Selanjuthya setelah terpilih baru dimasukan ke grup GMD yang ingin ditempati dan dari sana ada tahapan pemilihan Leader dan Co Leader. Pemilihannya hampir sama kaya daftar di awal, itu masukin berkas secara online. Untuk pengalaman di GMD KBB Cimahi ini alhamdulilah seru gitu yaa, kita para Tutor Inspiratif ngga selamanya serius, ada candanya juga jadi ngga bikin bosan dan anggota nya pun pada baik walau berbeda asal sekolah atau universitas. Di GMD KBB Cimahi ini lebih ke Kekeluargaan gitu readerss.


Team Ngobrol Bareng Kader: Wuih, wuihhh, emang bener kerennya gak kaleng – kaleng yang readers! Oh iya akh Kenapa harus jadi pemimpin sih? Emangnya apa Arti pemimpin bagi akh Muzieb?

Akh Muzieb : Setiap manusia dilahirkan menjadi pemimpin tentunya untuk memimpin diri sendiri dan menurut Muzieb kenapa kita harus menjadi pemimpin karena efek yang ditimbulkan dari sifat pemimpin itu baik untuk diri sendiri dan orang lain. Tentunya manusia yang bermanfaat adalah manusia yang berguna untuk dirinya dan masyarakat.


Arti pemimpin bagi Muzieb itu, dia harus siap di garis terdepan, dia menjadi sosok figure bagi anggota- anggota nya. Selain itu ... pemimpin wajib bisa menyusun atau merencanakan sesuatu dengan baik dan benar walaupun dalam keadaan terdesak.

Pemimpin yang menginspirasi Muzieb itu Nabi MuhammadSAW, karena menurut Muzieb pribadi sifat dan teknik kepemimpinan-nya sudah bisa dikatakan lebih baik dari siapapun.


Team Ngobrol Bareng Kader: Wahhh Masya Allah bangett nihh, Akh Kasih TIPS buat readers dong biar bisa jadi Co leader kaya Akh Muzieb!!!


Akh Muzieb:

Tips untuk menjadi CO Leader itu:

  1. Awalnya harus ada niat pada diri sendiri dan niat untuk siap membawa GMD KBB Cimahi ke arah yang lebih baik lagi

  2. Jangan mengutamakan kepentingan diri pribadi

  3. Harus siap berkorban seperti halnya, kamu harus siap jadi jembatan biar orang orang bisa nyebrang dari daerah A ke-daerah B walaupun jembatan itu akan putus.


Terakhirr nih READERS, ada pesan Istimewah dari Akh Muzieb, BUAT KALIAN!!!

“Tanamkan pada dirimu bahwa kau siap sejak diciptakan dan kau lebih baik dari apa yang kau pikirkan, jangan pernah ucapkan "Menyerah" sebelum "gagal" dan jika gagal bangkit kembali tapi dengan cara yang lebih baik.”



Gimana??? Serukan? YOWW, tunggu Ngobrol Bareng Edisi Selanjutnya YA!! Jangan lupa juga buat baca yang kemarin!!! See youuu ...

Comments


bottom of page