top of page

Ngobrol Bareng Penulis Antologi Buku Satu Pena Seribu Mimpi dan Lillah (Nur Fitrianti kader2019)


Ngobrol Bareng Penulis Antologi Buku Satu Pena Seribu Mimpi dan Lillah

Nur Fitrianti 2019


Waktu kita didunia ini terbatas. Tidak peduli seberapa besar keingian kita untuk hidup, mati akan tetap menghampiri. Dakwah bisa saja dilakukan pada masa itu, akan tetapi apakah cukup? Bagaimana dengan orang - orang yang eksistensinya tidak ada pada masa itu? ...

Jawabannya adalah menulis.

Waktu boleh saja berlalu, akan tetapi sebuah tulisan akan terukir pada tempatnya. Lini masa mereka tidaklah terbatas. Karennya mereka selalu membawa sejarah. Mengajarkan pada generasi berikutnya bahwa keadaan dunia ketika mereka belum hadir adalah demikian. Sehingga mereka belajar dengan layak.

Begitulah sebuah tulisan membawa manfaat




Assalamu’alaikum Ikhwafillah ... bagaimana kabarnya? Semoga baik dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT ... aamiin ... Kali ini kita (team Ngobrol Bareng) balik lagi nih dengan membawa kader kita yang lagi – lagi BERPRESTASI

Diedisi sebelumnya kita udah bahas tentang kader yang mendapat beasiswa, terus diedisi selanjutnya bahas tentang kader yang lolos pendanaan PKM.

Nah kalau seputar akademik tuhh rasa – rasanya udah semua. Sebagai kaulah penuntut ilmu, rasanya kurang nih kalau gak ada alatnya.

Hah? Alat? Kok alat sih?

Iya soalnya kan kita itu udah belajar nih materi – materi dikampus, jadilah ilmu yang menguasai jutaan neuron diotak. Tapiii kalau disimpen aja buat sendiri kan sayang, mangkanya kita perlu alat nihhh buat transfer ilmu keorang lain. Nah salah satu alatnya itu adalah TULISAN.

Gitu aja kok ribet ... tinggal ajarin aja keorang lain, ngapain pake alat segala sih?


Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah”

-Pramoedya Ananta Toer -


Dari kata – kata ini aja kita sebenernya udah tahu bahwa sepenting itu nulis, dan kata - kata inilah yang dikemudian hari menjadi kata pertama yang saya sampaikan pada audiens saat lauching buku pertama saya (Satu Pena Seribu Mimpi). Intinya mau sepintar apapun kita, sehebat apapun kita, kalau kita engga bisa nuangin semua ilmu kita dalam sebuah tulisan maka yaudah, ketika kita mati maka ilmu kita juga ikut mati terkubur, meskipun mungkin kita punya murid tapi tetap saja kalau ternyata murid kita engga ngajarin lagi ilmu itu ke orang lain atau bahkan masuk telinga kanan keluar telinga kiri otomatis hilang ... akan tetapi bayangkan jika ilmu yang kita punya tersebut coba untuk di tuangkan kedalam sebuah tulisan ... isnyaAllah akan terjaga.

Begitulah yang diakatakan oleh Ukhti kita kali ini yaitu Nur Fitrianti, kader UKMI AL – Hidayah angkatan 2019 .

Siapa itu Nur Fitrianti? Biar tahu Yuk kita kenalan dulu!




Nah Nur ini adalah salah satu kader UKMI Al – Hidayah dari divisi sekaligus sebagai ketua angkatan Akhwat Qurrota’ayun ... Wahh Masya Allah banget ya. Nur ini kuliah di UNJANI dengan jurusan PSIKOLOGI.

Baru – baru ini Nur berhasil nerbitin buku yang berjudul Lillah. Buku Lillah ini adalah antologi cerpen (kumpulan cerpen) yang diterbitkan oleh KMO Indonesia. Gak Cuma itu! Ternyata sewaktu Nur SMA, Nur juga pernah menerbitkan buku yang berisi antologi Puisi. Berbeda dengan yang sekarang, buku pertamanya yang berjudul “Satu Pena Seribu Mimpi” membutuhkan waktu satu tahun untuk terbit!

Kok lama sih?

Iya ... soalnya dibuku yang pertama ini Nur harus nunggu satu angkatan selesai nulis! Udah gituu nunggu juga proses penilaian sampai akhirnya atas izin Allah SWT puisi Nur terpilih menjadi puisi terbaik. Nah Karena itu nih Nur jadi penulis UTAMA.

MasyaAllah ...

Yuk kita simak KISAH – nya!

Team Ngobrol: Ukh Nur udah nulis berapa buku nih? Kok bisa berinisiatif buat nulis buku sih?

Nur: Uda ada dua buku, yang pertama itu waktu jaman SMA, sementara yang kedua itu tahun kemarin.

Kalau yang tahun pertama itu karena emang ada tugas akhir bahasa Indonesia buat bikin puisi gitu, jadi akhirnya saya dan beberapa temen ngusulin buat bikin buku antologi puisi gitu, jadi dari seangkatan bikin puisi dan dikumpulin semua puisinya buat dibukukan. Tapi Qodarullah ternyata guru – guru bahasa Indonesia waktu itu justru ngenilai semua puisi karya kita, dan ternyata puisi saya terpilih jadi karya terbaik dan dijadiin penulis utama di buku antologi puisi itu. Bahkan bisa dibilang buku yg pertama ini tuh buku yg paling berkesan banget, soalnya jni tuh buku pertama karya sekolah saya, dan nama penulisnya tuh yg dicantumin adalah nama lengkap saya, bahkan sampai kita bikin agenda launching buku gitu dan dihadiri semua guru dan siswa dari kelas 7-9 ... jadi di situ pembelajaran diliburin seharian.

Kalau untuk buku yang kedua itu sebenernya karena termotivasi dari buku yg pertama. Jadikan kalau buku yang pertama itu isinya itu kumpulan puisi – puisi ya. Nah kalau buku yg kedua ini aga sedikit ningkat jadi kumpulan cerpen.

Karena emang ternyata kan untuk nulis itu ada teknik tersendiri ya, jd saya pun harus masih banyak belajar, sampe akhirnya saya ikut kelas online gitu, karena emang udh pandemi juga ketika itu

Dan di kelas online ini kita di paksa buat bikin tulisan 3000 kata perharinya dan harus di upload setiap pagi selama sebulan.

Jujur itu berat banget dan sampe akhirnya kaya seleksi alam aja, siapa yg gak bisa Istiqomah ya langsung di keluarkan, dan alhamdulillah saya bisa bertahan, mencoba membiasakan dan akhirnya jadilah buku yg kedua saya, judul nya Lillah. Isi nya tuh tentang kisah perjuangan dan cinta.

Team Ngobrol : Wahhh Keren Banget, terus – terus ada rencana bikin lagi gak?

Nur: Ada, tentu saja. Tapi ... karena memang buku pertama dan kedua saya itu masih berupa antologi (maksudnya masih ada campur tangan dari penulis lain), untuk tahun ini saya masih coba berusaha buat nerusin misi saya supaya bisa nerbitin buku yg bener bener saya itu sebagai penulis tunggal di sana, cuma memang saya sendiri lebih senang mengarang cerita fiksi, jadi lebih ke novel gitu.

Tapi ini tuh bener – bener sulit soalnya kadang kita udah punya kerangka cerita nih, tapi di tengah itu tiba – tiba aja bingung mau nyeritain apa lagi. Terutama kan untuk novel itu minimal ada sekitar 40.000 kata, sedangkan cerpen itu cuma sampai 7.500 kata saja, dan itu tuh buat bikin 10 kata aja sering kali bingung.

Belum lagi kita harus bener bener merhatiin ejaan, tanda baca, PUEBI, dan alur cerita itu gak boleh terlalu banyak penggambaran secara deskriptif atau malah terlalu banyak percakapan. Tapi kita harus bisa nyeimbagin semua dan harus konsisten dari awal sampai akhir, apa lagi kalau emang tujuan kita untuk bisa diterbitkan bukunya itu bakal banyak proses seleksi lainnya juga dari pihak penerbit.

Nah, disini itu emang bener – bener gak mudah. Kenapa? Karena aku sendiri pernah mengalami pengalaman menyakitkan yang pernah saya alami itu, waktu itu pernah sampe dibilang sama salah satu editor di salah satu penerbit bahwa tulisan aku itu sampah yang harus di buang.

Team Ngobrol : Masaya Allah banget ukh Nur bisa tetep bertahan didunia kepenulisan, kenapa ukh Nur bisa memilih untuk bertahan? Padahal mengalami pengalaman seperti itu?

Nur: Kalau itu ... Nur sendiri punya tokoh yg menginspirasi, ada banyak tapi yang paling utama itu bunda Asma Nadia, beliau yg pernah ngajarin saya langsung dikelas dan banyak banget kisah jatuh bangun beliau yg justru bikin saya mikir, masa segini aja saya nyerah, sedangkan bunda Asma aja sampai seterpuruk itu tapi tetep semangat sampai sekarang.

Team Ngobrol: Ada gak sih kendala yang dialami ketika NULIS?

Nur: Kendala sih banyak wkwk ... Terutama writing block, sering banget itu. Jadi kan biasanya kalau saya suka bikin kerangka dulu supaya tau urutan ceritanya, di bagi per – bab, dan ada Targetan kaya misalnya buat bab 1 ngebahas permasalahan apa dan minimal 5 lembar misalkan. Nah sering kali baru selembar setengah aja permasalahan yang di bahas di bab 1 itu udah selesai dan bingung mau dikembangin kaya gimana lagi, sedangkan cerita itu engga boleh berbelit belit yg akhirnya bikin pembaca bosen. Jadi banyak yg harus dipikirin di situ, harus pinter - pinter ngerangkai cerita, konflik, dsb.

Terus permasalahan lainnya lebih ke – PUBEI sih, masih banyak yg harus saya pelajari lagi mengenai kaidah Bahsa Indonesia.

Team Ngobrol: Oh iya bener banget tuh banyak banget banget orang yang mulai nulis terus mengalami writing block. Kalau dari Ukh Nur sendiri ada gak sih solusi untuk mengatasinya?

Nur: Solusi lebih ke nginget lagi sih tujuan kita nulis tuh apa? Terus liat perjuangan perjuangan sebelumnya, jatuh bangunnya gimana dan ternyata kita udah sampai sejauh ini masa mau nyerah gitu aja

Sebenernya kaya gini, Ini tuh gampang banget ... cuma sering kali banyak yg mau coba mulai tp pas udh buka aplikasi word dan udah deh malah merenung gak tau mau nulis apa wkwk ...

Hal pertama yang harus kita lakuin pastinya kita harus ngisi teko kita supaya bisa nuangin inspirasi, isi otak kita dengan banyak membaca buku buku juga, jadi ketika nulis ada bayangan nantinya, semakin banyak buku yg kita baca, semakin penuh teko yang kita isi maka semakin deras juga inspirasi yg bisa kita tuangkan.

Terus nih selain itu sebenernya kita bisa bikin cerita meski kita bingung wkwk. Kaya misal kita ceritain apa yg kita rasain, aku kasih contoh ya ...

Aku tuh bingung sebenernya mau nulis apa tapi ya gimana lagi aku tuh harus nulis apa yang sekarang lagi aku rasain. Akutuh kesel banget soalnya sebenernya ini masih pagi, tapi sumpah di sini udah panas banget serasa bangun dari panggangan, keringet bercucuran sampe sampe serasa bangun dari kolam keringet

Nah coba tulis apapun yang kita pikirin, apapun itu kaya yang tadi itu contohnya. Baru nih kalau udah selesai semua kita coba edit tulisan kita, coba hapus beberapa kata atau kalimat yg dirasa gaperlu kita ambil.

Contoh yg udah di edit nya gini:

"Pagi ini terasa sangat berbeda, panas yang menghampiri membuatku serasa bangun dari panggangan, bahkan tak ku sadari keringet telah bercucuran membentuk kolam keringet di kasurku"

Jadi deh hehe, gampang kok sebenernya, asal kita mau mulai dan konsisten aja.

Team Ngobrol: Wihh jadi terispirasi banget sama Solusi teko kosong dari ukh Nur ... Hehe, Oh iya boleh lah ya ukh kasih kita intip sedikit isi bukunya hehe ...?

Nur: Boleh Benget ... bentar





Ini untuk buku pertama, tapi itu sayang gambarnya pecah pas di download wkwk. Kalau untuk yang kedua:

"Untukmu yang selalu yakin akan keajaiban cinta-Nya. Jatuh, sakit, terluka, dan kecewa hanya salah satu cara Tuhan memeluk kesendirian kita."


Team Ngobrol: Gak kalah sama Solusi mantyl banget karyanya ukh. Kalau gitu kasih kita Trips and Trick nya dong ukh biar bisa Bulis kaya Ukh Nur!

Nur:

  1. Yang pertama, harus tau dulu kita nulis tuh buat apa? Apakah buat terkenal? Apakah buat dapet royalti dari penerbit? Atau buat ngebantu orang lain?Biasanya kalau orang yang bikin buku cuma buat terkenal atau dapet duit banyak pas mereka diuji, misal bukunya gak laku, bukunya di tolak berpuluh puluh penerbit, yaudah mereka bakal putus asa. Tapi kalau nulis niatnya buat bantu orng lain, nebarin ilmu, insya allah meskipun gak dapet untung misalkan malah dapetnya rugi karna harus ngeluarin banyak uang, tapi pasti bakal terus jalan, awet. Jadi intinya balik lagi ke niatnya

  2. Terus untuk tips yang kedua, jadiin buku itu sebagai anak kita wkwk. Maksudnya gini, yg namanya anak pasti sebelum lahir banyak banget ujiannya, sama halnya kaya nulis buku, pasti banyak halangan rintangannya, tapi tetep kalau kita nganggep dia anak pastinya kita pengen dia bisa terlahir normal, engga prematur. kita pasti bakal berusaha nulis dengan baik supaya dia bisa terbit dengan baik juga dan setelah lahir nih setelah terbit, si buku itu sama kaya anak, tapi tetep harus di rawat, kita harus bisa narik konsumen supaya bisa beli buku kita, soalnya kalau buku kita gak di beli, terus siapa yang bakal baca buku kita, siapa juga yg bakal dapet ilmu dari buku kita. Jadi tetep setelah di terbitkan kita tetep harus berjuang ngerawat dengan baik buku kita dengan cara memperkenalkan nya ke sebanyak banyaknya orang.


Team Ngobrol: Ibarat tuh kalau saklar dinyalain ruangan jadi terang. Baca tips dari Ukn Nur bikin kepala jadi enteng hehe. Ukh kasih tahu dong info – info seputar penerbitan! Biar kita bisa produktif kaya ukh Nur hehe ...


Nur: Kalau buat penerbit sebenernya banyak ya, terutama kalau aku sendiri biasanya nyari dari novel yg aku beli, liat kwalitas kertas dan covernya bagus gak, kalau bagus coba liat di bagian belakang di bawah sinopsis biasanya ada kontak penerbitnya, nah coba hubungi tuh. Tapi kalau untuk kelas online itu banyak banget dari mulai yang gratis sampai beratus ratus ribu.

Kalau buat nyoba – nyoba aku ngeri kalau yang mahal, akau saranin KMO soalnya mendiskon banget buat ikut kelas KMO Indonesia. Bener – bener kita bakal di gembleng di sana sampe mahir dan terbiasa.

Dan biasanya kalau udah ikut kelas online ini kita bakal dikasih kemudahan lain juga buat nerbitin buku kita. Mungkin bisa berupa diskon, masukan masukan untuk tulisan kita dari mentor – mentor yg pastinya udh gak perlu diragukan dsb.


Masya Allah Telah Usai sudah kita bercakap – cakap dengan saudari seiman kita hehe ... Buat kalian ada pesan nih dari Ukh Nur buat kalian.


“Menulis itu engga harus jurnal, rangkuman matkul, tapi coba mulai tulis apapun yang kita rasa, siapa tau selain kita bisa ngungkapin apa yg mungkin sebenarnya engga bisa kita ungkapin ke orang lain, kita juga bisa membantu orng lain dengan pengalaman kita itu, dengan kisah fiksi atau non fiksi yang berdasar pada pengalaman kita tadi dan jagan sekali – kali menjadikan aktifitas menulis itu hanya untuk mencari uang, royalti, dan ketenaran, tapi tetap luruskan niat untuk menbantu yang lain, juga pastinya untuk mencari ridha-Nya”


Catatan: Untuk yang mau beli bukunya ukh Nur bisa DM IG atau Chatt via WA ya!



Yeayy udah selesai nih cakap – cakap bersama Ukh Nur. Salam Hangat dari kami. Jangan lupa untuk mampir ke Ngobrol Bareng UKMI edisi sebelumnya ya !

Sampai jumpa lagi di Ngobrol Bareng Kader Edisi Selanjutnya, see you on the nex month!







Comments


bottom of page