top of page

Ngobrol Bareng UKMI TEAM #Vol3

Rahasia Mendapat Beasiswa MINAMAS bersama Gian Ginanjar

Akh Gian adalah salah satu kader UKMI AL – Hiadayah UNJANI angkatan 2017. Selama menjadi kader UKMI, akh Gian ini banyak berjasa dalam kegiatan – kegitan UKMI, salah satunya adalah menjadi ketua Pelaksana dari kegitan Muslim Preneur pada tahun 2019. Akh Gian juga menjadi mahasiswa yang sangat aktif, baik dalam segi kademik maupun sosial.

Kegiatan sehari – harinya Masyaa Allah luar biasa, beliau biasa membantu orangtua, berorganisasi di kampus dan bekerja part time. Akh Gian mengatakan bahwa dirinya adalah tipe pribadi yang tidak bisa diam di tempat. Karenanya Akh Gian ini banyak melakukan kerja Part Time. Dalam usahanya memaanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Banyak pekerjaan yang pernah beliau lakukan diantaranya; driver Ojek Online, Catring, Part Time admin proyek dan yang lainnya.


Biar lebih akrab dengan sosok Akh Gian, Yuk kita kenalan secara singkat dengan Akh Gian


Apa itu beasiswa MINAMAS?


Beasiswa MINAMAS adalah beasiswa yang diberikan oleh salah satu Perusahaan kelapa sawit terbesar ke – 2 di Indonesia, dan ke – 1 di Malaysia. Yaitu PT MINAMAS Plantation. Nah Beasiswa ini sering disebut sebagai beasiswa Ikatan Dinas. Karena nantinya jikalau saja perusahaan sedang membutuhkan, maka orang yang mendapat beasiswa berkesempatan untuk bekerja disana. Wuah MasyaAllah keren banget kan…

Beasiswa ini sudah berjalan selama dua tahun. Dan diadakan setiap tahun, antara bulan Sepetember sampai November. Akan tetapi bagi Sahabat Al-Hidayah yang ingin mendpatkan beasiswa ini, sebaiknya kalian cari info – nya sejak jauh – jauh hari. Jangan berhimpit dengan bulan September. Agar persiapannya dapat lebih matang lagi.

Banyak Benefit yang bisa di dapatkan dari Beasiswa ini, yuk kita lihat listnya:

1. Biaya kuliah dibiyayai hingga lulus

2. Diberi uang saku RP - 900. 000 setiap bulan

3. TA dibiyayai hingga maksimal 5.000.000

4. Dibiyayai biaya Wisuda

5. Berkesempatan mendapatkan tiket kerja di PT MINAMAS


Syarat untuk mengikuti Beasiswa

Menurut Akh Gian ada empat syarat paling penting, yaitu:

1. IPK diatas 3

2. Sehat Jasmani dan Rohani

3. Dibuktikan dengan surat sehat dari dokter juga surat keterangan tidak mengkonsumsi Narkoba dari dinas Kesehatan ataupun BNN.

4. Siap dipekerjakan diluar pulau.

sisa dari persyaratannya adalah hal yang biasa seperti pas foto, isi formulir dan sebagainya.


Bagaimana cara Akh Gian mendapatkan informasi ini?

Akh Gian menyebutkan bahwa beliau sering hunting Mading ke tiap jurusan yang berbeda. Namun perlu di garis bawahi bahwa perlu juga penyesuaian dalam jurusannya. Karena memang terkadang beasiswa itu sesuai dengan jurusan. Contohnya adalah beasiswa ini, beasiswa ini dikhususkan untuk mahasiswa yang belajar di jurusan Akutansi, teknik Mesin, teknik Elektro, teknik Kimia dan teknik Sipil.

Selain hunting mading ketiap jurusan, akh Gian juga sering mencari secara online dan sering tanya – tanya padakakak tingkat atau teman. Berhubungan dengan ini, kebetulan sekali waktu itu Akh Gian tidak sempat ikut beasiswa ini di batch pertama. Qodarullah di batch kedua beliau dapat info dari kakak tingkatnya. Alhamdulillah akhirnya beliau bisa mendapatkan beasiswa ini.

Akh Gian juga menyarankan bagia kalian yang mau mendapatkan info seputar beasiswa bisa tanyakan juga pada TU.


Cerita Pengalaman Mengikuti Beasiswa

Ini dia cerita dari Akh Gian:

“Waktu itu ana sesudah dapat kabar dari kating masih sempat ragu, karena beasiswa ini banyak diikuti oleh orang – orang terpintar dijurusan ana. Tapi Qodarullah ana tergerak untuk mengirimkan berkas dihari terakhir. Tapi ana saranin ya ... buat ikhwafillah yang mau ikut jangan gak percaya diri, karena siapa yang tahu jika seseorang telah berusaha?”

Allah itu maha berkuasa. Jadi Jangan Ragu apa lagi dengan Ikhtiar dan do’a.

Okay di lanjut lagi ya ... jadi setelah pengiriman berkas, kita akan diseleksi psikotes dan diwawancara. Perlu digaris bawahi, penting bagi ikhwafillah untuk menguasaia public speaking. Karena mau gak mau, skill ini banyak banget ngebantu terutama di sesi wawancara.

Saat itu juga ana banyak berdo’a dan minta restu orang tua. Karena Ridho Allah itu ada pada Ridho kedua orang tua”


Tips and Trick dari Akh Gian

1. Sering – sering hunting madingya sahabat Al-hidayah

2. Jangan takut nanya ke dosen, TU, temen – temen, kating dan juga dekan 3 ya ...

3. Ikut oraganisasi dan jadilah aktif di organisasi

4. Hunting di Media sosial

5. Minta do’a dan restu orang tua

6. Jangan RAGU! Karena ini sangat penting dalam menjaga waktu


Management Waktu

Sahabat Al-Hidayah, perlu ditekankan yah. Ingat baik – baik bahwa management waktu ini sangat teramat penting.

Karena itu jangan suka nunda – nunda dan kita juga harus tahu mana yang menuerut kita merupakan prioritas. Biar kita tidak keteteran. Kerjakan banyak diawal. Biar kita banyak waktu luang diakhir.

Pesan dari AKH GIAn untuk IKHWAFILLAH

“Ana sering denger ada mahasiswa yang malu dapet beasiswa karena satu dan lain hal. Pesan ana jangan! Jangan mau kalau dapat beasiswa.”

“Aktif cari informasi, jangan nunggu informasi datang karena takutnya deadlinennya sudah lewat. Kan sayang.”

“Kalau gagal jangan nyerah, jangan putus asa. Masih banyak jalan, masih banyak cara. Karena sejatinya rezeki itu datang dari arah yang tidak kita sangka – sangka.”

“Jangan leha – leha!Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin, semangat ... Jangan takut gagal!”

- Salam Hangat -

TAKBIR

Allahu Akbar!

25 views0 comments

Comments


bottom of page