top of page

Ngobrol Bareng UKMI Team Vol. 1

Updated: Aug 13, 2020


Meraih Beasiswa diluar Kampus Bersama Akh Teguh Saeful Hamzah Peraih Beasiswa Rumah Sahabat Salman Gen 7



Assalamualaikum, Hallo Ikhwafillah..

Alhamdulillah Ngobrol Bareng UKMI Team (#NBUT) rilis Volume 1 nya nih hehe. Spesial untuk volume pertama ini kita bakal ngobrol seputar beasiswa diluar kampus, wah ada yang udah ngincer gak nih sebelumnya?

Ikhwah, menjadi seorang mahasiwa itu suatu kebanggaan kan ya bagi kita semua, terlebih bila kita bisa menjadi salah satu mahasiswa/i yang berprestasi dan mendapat beasiswa, pasti rasanya nambah bangga banget kan, iya kan? iya dong hehe~.

Nah, kita juga sekarang patut berbangga nih ikhwah, alhamdulillah salah satu keluarga kita di UKMI Al-Hidayah yaitu Akh Teguh Saeful Hamzah berhasil meraih beasiswa loh baru-baru ini, tapi sebelum kita bahas lebih jauh beasiswa apa yang diraih akh teguh, yuk kita liat profil singkat beliau terlebih dulu.

Setelah kita liat profil diatas, semoga dapat menambah ukhuwah dan lebih mengenal keluarga kita ya ikhwah hehe. ~inget yaaa untuk para ukhti...ini ukhuwah vibes wkwk~

Okay, gak sampai disitu aja, team blog syiar juga mencoba menghubungi akh teguh secara personal loh untuk bisa mewawancarai mengenai beasiswa yang beliau dapat, berikut rangkuman wawancara singkatnya ikhwah~

1. Seperti di judul ya akh, jadi beasiswa rumah sahabat salman gen 7 itu apa sih?

“Jadi untuk beasiswa rumah sahabat pemberdayaan itu salah satu beasiswa dari masjid salman itb yang mana setiap tahunnya diadakan dan alhamdulillah sekarang sudah sampai angkatan ke tujuh dan beasiswa rumah sahabat pemberdayaan ini salah satu program dari BMKA kaderisasi salman untuk mahasiswa yang kuliah di bandung raya”.


2. Maaf sebelumnya akh, tapi bisa diceritakan fasilitas apa aja yang didapat dari beasiswa tersebut? Semoga aja bisa menambah motivasi teman-teman lain diluar sana

“Alhamdulilah kalau untuk fasilitasnya sendiri, kalau uang tunai itu tidak ada, hanya saja fasilitasnya itu yang pertama asrama bersama sarana pendukungnya, kedua biaya hidup (dana kegiatan dan operasional rumah) seperti makanan sehari-hari, yang ketiga pembinaan, itu yang terpenting sih, jadi dalam pembinaan itu, penerima beasiswa itu nanti dibina terkait pengabdian masyarakat dan kemasyarakatan, pembinaan harian anggota (ruhiah dan keterampilan), pengembangan minat dan bakal dan fasilitator sebagai kakak pendamping pelaksanaan program.

Wahh Bener-bener benefitable banget kan ikhwah?~ Akh Teguh juga menambahkan penjelasan mengenai gambaran tujuan beasiswanya..

“Di tahun ini khususnya angkatan beasiswa RUSA (Rumah Sahabat Salman Gen 7) fokus pada pemberdayaan masyarakat di lingkungan dimana permasalahan yang secara khusus akan kami kaji yaitu di kawasan taman hewan. Disana kami dan teman-teman lain akan ikut merubah gaya hidup atau kebiasan dari warga setempat. Pertama adalah masalah mengenai sampah misalnya kami akan merubah kebiasan buruk tentang pembuangan sampah sembarangan yang sering kali berserakan dan membuat pemukiman tidak terurus. Selain itu, yang kedua kita tahu bahwa kawasan taman hewan dekat dengan ITB, tapi para anak disini kurang tertarik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Itu yang menjadi masalah sih, Kita juga akan membantu meningkatkan motivasinya”. ~Mantul banget kan~


3. Lalu bagaimana Syarat mengikuti beasiswa yang akh teguh dapat?

Persyaratannya yaitu:

1. Mahasiswa S1/d4/d3 muslim dan muslimah dari berbagai universitas di kawasan bandung raya.

2. Alumni LMD atau Alumni SSc yang bersedia mengikuti LMD terdekat

3. IPK minimal 2,75 (skala 4)

4. Bersedia tidka menikah selama program berlangsung (1 tahun)

4. Banyak teman-teman yang merasa insecure terlebih dahulu untuk mencoba beasiswa yang berujung gak berani mencoba, bagaimana tanggapan akh teguh akan hal itu?

“Kalau menurut ana, kembali lagi lurusin niat dari awal, karena kalau niat udah niat dari awal ingin mendapat beasiswa insyaAllah jika niat udah baik maka pasti ada aja jalan, karena menurut moto hidup saya:


Kegagalan hanya datang ketika kita belum mencobanya

..Jadi bagaimanapun sebelum kita mencoba atau memberanikan diri untuk mendapat beasiswa itu memang harus dengan niat yang bener-bener karena niat itu utama”. ~100% setuju banget nih~

“Sebetulnya sebelum saya mendapat beasiswa, saya memang sudah mengincar beasiswa salman, ada beberapa hal yang membuat saya tertarik, salah satunya karena latar belakang saya itu ilmu pemerintahan dan beasiswa gen 7 itu fokus kepada pemberdayaan masyarakat, saya merasa itu peluang, saya ingin ibaratnya melaksanakan tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarat,tujuannya hanya ingin benar-benar menjadi mahasiswa. Lalu saya juga bertanya-tanya kepada kakak tingkat yang aktif di salman ataupun di UKMI tentang beasiswa salman”. ~Tuh silaturahmi is power too guys~

Akh Teguh juga mempertegas..

”Pokoknya kalau belum mencoba harus memberanikan diri, harus fokus, kalau bisa menurut ana pribadi, ga usah semua orang tau kita mendaftar beasiswa atau jangan terlalu ambisi, hanya perlu keseriusan untuk fokus mendapatkan beasiswa ini, InsyaAllah bisa kalau sudah rezeki”.


5. Apa kegiatan-kegiatan yang akh teguh selama ini jalani dan bagaimana Tips supaya bisa mendapat beasiswa tersebut akh?

“Untuk sekarang kegiatan belum ada untuk praktik dan terjun langsung ke masyarakatnya, tetapi sebelumnya sudah ada kegiatan daring untuk meningkatkan ukhuwah untuk saling mengenal satu sama lain dengan teman-teman, karena terkendala covid-19 untuk pertemuan-pertemuan sampai bulan agustus ini online. Tetapi sebagian sudah banyak yang berkumpul diasrama. Namun dalam waktu dekat tepatnya pada tanggal 25 agustus 2020 akan ada dimulainya kegiatan pembinaan seperti bahasa arab, tahsin ,bahasa inggris, ilmu-ilmu fiqih dan lainnya dan sekaligus penyuluhan dan adaptasi di lingkungan masyarakat taman hewan dan memulai pendekatan dengan warga disekitarnya”.


(Tahap Pengenalan dan Grand Opening Beasiswa Rumah Sahabat Salman Gen 7 yang diselenggarakan secara online karena covid-19)


“Lalu untuk tipsnya dari ana yang pertama pada dasarnya harus ada dilingkungan salman, terjun langsung ke dalam lingkungannya karena lingkungan itu sangat membantu. Kedua mencari tau tentang beasiswa dan jangan malu untuk bertanya kepada kaka tingkat di internal salman atau ukmi al-hidayah. Menurut saya lingkungan menentukan banget, karena jika udah masuk ke lingkungan salman, kita itu udah dianggap keluarga. Kita juga harus selalu mau explore diri serta jangan cepat berpuas diri, jangan asal berbicara karena setiap perkataan kita itu memiliki nilai tersendiri, Jadi jangan asal ucap karena kita sebagai pemuda harus memberikan kebermanfaatan bagi orang lain dan masyarakat”. ~Termantul!


6. Dimana teman-teman lain bisa daftar atau dapat informasi lebih lanjut mengenai beasiswa tersebut?

“Akses platform BmkaSalmanITB dan juga akun instagram @officialrumahsahabatSalman untuk mengenai informasi beasiswa Salman dan juga rumah sahabat”.

7. Akh bisa berikan Motivasi dan semangat untuk adik-adik atau mahasiswa lain yang ingin berprestasi atau meraih beasiswa?

“Ada sebuah kalimat dari Buya Hamka yang memotivasi saya yaitu Bahwasanya pengkerdilan dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang di dalam tubuh malas yang mendahulukan istirahat sebelum lelah. Quote ini benar-benar membuat saya termotivasi, mumpung kita masih muda kita punya power. Terus bersyukur dan terus mengeksplore diri, jangan mudah berpuas diri dan terus tanamkan dalam diri bahwa kita bisa.

Selain itu ternyata ada salah satu hal yang pernah membuat akh Teguh merasa gak nyaman loh ikhwah~ Hal tersebutlah yang mendorong semangatnya terus berkobar.

Ada yang tau apa hal itu?

Ini keren banget sih ikhwah,

Jadi hal yang pernah membuat akh Teguh kurang nyaman ialah...

Perasaan..


Ingin menunjukan Eksistensi Universitas dan LDK kita,


IYA,


Universitas Jenderal Achmad Yani dan LDK kita tercinta,


LDK UKMI Al-Hidayah UNJANI.

“Awalnya kenapa sih saya kalau dibilang aktif di salman dan ingin mendapat beasiswa dilingkup salman? Sebenarnya salah satunya karena saya pernah mengalami rasa ga nyaman, misalnya saat pengenalan universitas dengan teman-teman universitas lain, kemudian setelah saya mengenalkan kampus saya pernah ditanya wah unjani itu dimana ya? Atau saat mengenalkan LDK UKMI Al-Hidayah ditanya seperti LDK UKMI itu dimana ya? Setelah itu saya berpikir, kita harus menunjukan dan ikut terlibat dalam kegiatannya untuk membanggakan universitas dan LDK kita”.

Ini tuh hal yang juga patut banget dicontoh dari Akh Teguh, menjadikan rasa tidak nyaman sebagai sebuah semangat, bukan sebuah Insecure. Memiliki mental pejuang seperti ini akan menjadikan kita pantang menyerah dan terus berusaha ikhwah.

“Jadi buat temen-temen yang ingin ikut beasiswa pemberdayaan, Siapkanlah dari sekarang, semoga tips-tips tadi bisa dicontoh. Bergaulah..bergaul dalam artian punyailah lingkungan yang baik dan teman yang baik karena lingkungan itu penting untuk kita berucap dan bertindak. Semangat terus, semoga kita bertemu di beasiswa gen 8, semoga banyak dari unjani yang mendapat beasiswa ini” Ucap akh teguh diakhir wawancara.

( Akh Teguh bersama dengan rekan-rekannya pada kegiatan Penutupan Vent-1 di Masjid Salman ITB)


Dari ringkasan wawancara bersama akh teguh diatas, kita bisa berkesimpulan bahwa jika kita memang niat untuk berprestasi dan mendapatkan beasiswa maka kita harus luruskan niat, selalu tingkatkan ukhuwah dengan kating-kating, berusaha untuk ada dalam lingkaran lingkungan yang dekat dengan tujuan kita dan harus update terus berita tentang informasi beasiswa, jangan takut gagal! terus eksplorasi diri dan sisipkan minat dalam niat kita untuk menebarkan kebermanfaatan bagi orang lain. Terus niatkan dalam hati jika kita bisa”. ~Fighting~Fighting~Fighting~~Fighting~~Fighting~~Fighting~~Fighting~~Fighting~~Fighting~

Nah ikhwah, begitulah ringkasan wawancara kita bersama Akh Teguh. Semoga dengan informasi wawancara ini bisa membuka peluang rezeki ikhwafillah semua yaaa.

Sekali lagi selamat dan terima kasih kepada Akh Teguh Saeful Hamzah, yang sudah sangat menginspirasi. Semoga semua kegiatan, usahanya dan informasi yang dibagikan ke kita semuanya dapat bernilai pahala oleh Allah SWT. Aamiin~

Semangat mencoba buat ikhwah pejuang beasiswa,

Ingat...kita semua punya kesempatan yang sama untuk mencoba, Jangan ragu atau malu untuk berusaha.

Karena seperti kata akh Teguh,

Kegagalan hanya datang ketika kita belum mencobanya...

Salam termanis dari team blog~

Jika ikhwah mempunyai Kritik dan Saran yang membagun, bisa disampaikan di komentar atau via email yaaaa di blogukmialhidayahunjani@gmail.com


Sampai bertemu di Ngobrol Volume selanjutnya... :)

121 views0 comments

Comments


bottom of page