top of page

Bulletin Edisi 14 : "Indahnya Islam"

Updated: Feb 26, 2019


Tidak diragukan lagi bahwa agama Islam adalah agama yang paling sempurna, paling baik dan agama yang paling dekat kepada fitrah yang bersih dan akal yang sehat, yang demikian itu karena di dalamnya terdapat keistimewaan-keistimewaan, keindahan-keindahan, keutamaan-keutamaan dan kemashlahatan yang tidak terkumpul pada agama sebelumnya, Allah berfirman :

اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًا...

“Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dantelah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dantelah Akuridhai Islam sebagai agamamu.” (Qs. Al-Maidah : 3)

      Islam adalah satu-satunya agama yang mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan ruh dan jasad, tidak menjadikan manusia seperti alat sebagaimana yang ada pada syuyu’iyyah (Komunisme), tidak pula menahan keinginan fitrah manusia, dan mengharamkannya dari seluruh yang disenangi oleh syahwat seperti yang dilakukan oleh para rahib (pendeta), dantidak pula membebaskan secara mutlak menuruti apa saja yang diinginkan oleh syahwatnya tanpa ada batasan seperti apa yang dilakukan oleh liberalisme barat.

Islam adalah satu-satunya agama yang bebas dari kontrakdiktif dan berlawanan, firman Allah,

وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللّٰهِ لَوَجَدُوْا فِيْهِ اخْتِلَافًا كَثِيْرًا
“Kalau sekiranya Al-Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapatkan pertentangan yang banyak di dalamnya.” (Qs. An-Nisaa : 82)

     Islam adalah satu-satunya agama yang mampu menyelesaikan permasalahan yang paling sulit yang dihadapi oleh manusia, karena didalamnya terkandung aqidah dan keyakinan yang memberikan pemikiran yang benar tentang Allah, alam semesta dan manusia, terkandung pula hukum-hukum yang mengatur seluruh sisi aspek kehidupan baik dalam hal ibadah, mengatur urusan ekonomi dan politik, muamalah, perkara-perkara perdata dan hubungan antar Negara dan lain sebagainya. Dan termasuk pula dalam hal akhlak yang dapat melembutkan dan meluruskan prilaku pribadi-pribadi dan masyarakat.

     Islam adalah satu-satunya agama yang mampu mendatangkan jawaban-jawaban yang meyakinkan dari pertanyaan-pertanyaan yang kebanyakan manusia dibuat bingung dengannya, yaitu : Untuk apa tujuan saya diciptakan ? Apa jalan atau cara yang harus saya tempuh ? Dan kemana tempat saya kembali ?

     Sungguh Islam adalah agama yang paling sempurna, paling banyak memberikan kemashlahatan, dan paling baik, dalam hal aqidah, akhlak, ibadah, muamalah, houkum-hukum yang bersifat perdata ataupun bersifat umum, dan demikianlah adanya karena ia bukanlah agama yang dibuat oleh manusia, akan tetapi agama rabbani yang hukum-hukumnya dibuat oleh Allah ta’ala.

Allah berfirman ,

وَمَنْ اَحْسَنُ مِنَ اللّٰهِ حُكْمًا لِّقَوْمٍ يُّوْقِنُوْنَ
“Dan hukum siapakah yang lebih baik daripada hukum Allah bagi orang-orang yang yakin.” (Qs. Al-Maidah : 50)

Islam adalah agama yang Allah tidaklah menerima agama lain selain agama islam, sebagaimana dalamfirman-Nya :

وَمَنْ يَّبْتَغِ غَيْرَ الْاِسْلَامِ دِيْنًا فَلَنْ يُّقْبَلَ مِنْهُۚ وَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ
“Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (Qs. Ali Imran : 85)

      Sesungguhnya Islam adalah manhaj (metedologi) yang sempurna untuk hidup di dunia, ketika ia diberi kesempatan untuk diterapkan dalam kehidupan nyata, maka akan menciptakan masyarakat yang sangat ideal, peradaban manusia yang sangat menakjubkan, di dalamnya akan tersedia seluruh pengetahuan madani yang berkembang dan maju, akhlak mulia akan terangkat tinggi dan akan menjadi contoh yang ideal. Akan Nampak keadilan sosial, dan martabat kemanusiaan dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

16 views0 comments

댓글


bottom of page