top of page

Ngobrol bareng UKMI TEAM Vol. 2

Updated: Dec 4, 2020

Menjadi Mahasiswa Berprestasi Ala Alnida Destiana Nishfathul M.


Assalamualaikum Ikhwah, Pie Kabare nih angkatan Korona? wkwk

Udah lama banget yaaa kita gak tegur sapa? Huhuhu kangen. Semoga sehat selalu yaa Ikhwahfillah semuanyaaa~


Owkay. Untuk mengobati kerinduan kita akan konten ini (pokoknya harus rindu titik! *maksa wkwk) tim blog UKMI bakal kasih yang gak kalah spesial nih dari yang Vol. 1.


Apa nih?

Apa cik?

Apa hayo?


Penasaran ya?


Oke deh,

Tarik Sist~



wait,

Ayo ngaku, pasti lagi bilang semongko kan? wkwk


SEMONGKOOOOOOO!!!!!


Jadi tema kita untuk #NBUT Vol. 2 ini adalah mengupas tentang menjadi Mahasiswa Berprestasi! Yeay! ~itukan impian aku dulu huhu >_< curhat~


Adakah yang pengen jadi mahasiswa berprestasi disini? Ayoo acungkan nyalinya? Wkwk.



Oke sebelumnya FYI nih Ikhwah, alhamdulillah keluarga kita di UKMI Al-Hidayah yaitu Ukh Alnida Destiana Nishfathul terpilih sebagai mahasiswa berprestasi fakultas Psikologi tahun 2019 loh *Mantap gini ya Ukhti kita bersama...EH?*


Ini nih buktinya,

Keren banget kan ikhwah? Barakallah~

Jadi mau juga kan ya? owkay tak kasih tuntas tipsnya~


Btw ya Ikhwah kita semua punya kesempatan yang sama kok buat dapatin banyak hal termasuk jadi Mahasiswa Berprestasi, yang ngebedain itu bagaimana usaha kita buat meraihnya dan waktu kita mendapatkannya, maka dari itu buat ngeafdolin ikhtiar kita langsung aja yuk kepoin dari ukh Alnida yang udah berpengalaman ini, eitsss sebelum itu, yuk simak dulu biodata singkatnya yuks...

Hmmm sudah merasa semakin dekat kah ikhwah? wkwk, oke next,

Team blog syiar juga mewawancarai ukh alnida secara personal loh! berikut rangkuman wawancara eksklusif khusus untuk readers #NBUT tercinta:


1. Pertama, bisa Ukh Alnida ceritain apa itu program mahasiswa berprestasi dan gimana caranya supaya temen-temen bisa dapetin informasi mengenai hal tersebut ?


Mahasiswa berprestasi yaitu mahasiswa yang berhasil baik akademik maupun non-akademik sesuai kriteria yang ditentukan. Pemilihannya itu melalui ajang atau lomba yang rutin diadakan, untuk penggagasnya sendiri direktorat jendral pembelajaran dan kemahasiswaan dibawah naungan menteri riset teknologi dan pendidikan tinggi. Untuk di Unjani sendiri pemilihan mahasiswa berprestasi itu ada beberapa tingkatan seleksinya.


Kalau di fakultas Psikologi sudah ada seleksinya sendiri yaitu seleksi di fakultasnya lalu diambil juara 1 dan 2 nya lalu ke tingkat universitas. Nah untuk yang di universitas biasanya diadakan bulan februari atau maret. Khusus untuk di fakultas Psikologinya sendiri dimulai sekitar akhir desember atau januari.


Jika ingin mencari informasinya bisa mencari info di lingkungan fakultas dahulu. Jika ada seleksi bisa mengikuti seleksi tetapi terkadang ada fakultas yang sudah menentukan calon-calon mahasiswa berprestasi nya sendiri. Jika ingin mencari info secara online bisa mencari saja di google perihal mahasiswa berprestasi.


2. Lalu bagaimana syarat menjadi mahasiswa berprestasi ?


Syaratnya :

- Administrasi (data diri).

- Mengikuti tahapan seleksi fakultas – universitas.


Proses seleksi tingkat univ biasanya membuat KTI, presentasi KTI, tes TOEFL, wawancara bahasa inggris, dan psikotes.


3. Apa kegiatan-kegiatan yang Ukh Alnida lakukan yang turut membantu terpilihnya sebagai mahasiswa berprestasi ini?


- Belajar dengan serius dan optimal untuk keperluan akademik (IPK)

- Menjadi pejabat inti di dalam organisasi menjadi point +

- Penilaian penilaian lain yang akan berguna didalam CV


4. Kalau disimpulkan nih dari perjalanan Ukh Alnida, tips jitu supaya menjadi mahasiswa berprestasi itu apa sih yang paling penting?


- Yang paling penting niat dan kemauan untuk berjuang

- Benar benar menjaga motivasi

- Tidak selalu soal hasil tetapi proses itu yang membuat kita tumbuh


5. Kalau boleh tau nih ukh, menurut ukh, motivasi terbaik itu ada dari mana untuk dapat semangat mengejar apa yang ingin ukh Alnida raih?


Motivasi terbaik itu berasal dari niat. Karena kalau kita niat dan memiliki tujuan, motivasi akan muncul dari diri sendiri. Dukungan dari lingkungan sekitar juga adalah motivasi yang sangat penting.


6. Apakah ukh Alnida punya sosok yang menjadi panutan selama ini?

Bismillah, panutan kita semua, Nabi Muhammad SAW, karena dengan segala perjuangan dan usahanya banyak banget hikmahnya. Selain itu, hikmah perjuangan dari relasi di lingkungan sekitar serta orang-orang berprestasi lainnya.


7. Terakhir, menurut ukh Alnida, jika kita dihadapkan pada sebuah kegagalan, bagaimana cara terbaik menyikapinya ?


Kalo menurut aku..

"gagal itu penting dan harus ada sebagai bahan bakar untuk tumbuh dan mencari pengalaman yang lebih banyak lagi".


Karena saat kita memiliki pengalaman yang lebih banyak, kita mampu mempertimbangkan dan mengambil keputusan dengan baik. ~bener banget


Sebagai penutup Ukh Alnida menambahkan kata-kata yang mantul banget nih:


"Tidak ada hal yang sia-sia dalam proses berjuang dan kita harus menyerahkan hasil kepada Allah bukan manusia. Terakhir, niat kita lah yang harus selalu dibenahi, diluruskan, Lillah".~MasyaAllah tabarakallah



Nah ikhwah, begitulah ringkasan wawancara kita bersama Ukh Alnida. Semoga dengan informasi wawancara ini bisa membuka peluang rezeki ikhwahfillah semua yaaa.


Last but not least yaa ikhwah, kesimpulannya selain punya keinginan untuk bisa menjadi mahasiwa berprestasi, hal tersebut bisa aja cuman jadi keinginan semu loh kalau kita cuman berangan-angan aja.


Jujur banget nih ikhwah, kita akan selalu bertemu dengan yang namanya gagal yang emang macem-macem tuh bentuknya, tapi seperti yang ukh alnida bilang kalo "gagal itu penting" supaya apa?


"Supaya Kita Tahu Makna Sukses dan Menghargai Setiap Proses"


Hey! meraih sukses yang kita persepsikan masing-masing itu susah loh fergusso! dan untuk memperkecil peluang kegagalan ataupun bangkit dari gagal itu sendiri,seperti ukh alnida bilang kita harus punya backup-an motivasi dari dalam diri kita yaitu dengan niat yang kuat dan punya panutan yang mendukung baik dari suri tauladan kita yaitu bagianda Nabi Muhammad SAW atau ditambah dengan mentor-mentor yang udah berpengalaman dengan bidang yang sesuai (salah satunya ya bisa jadiin ukh alnida sebagai mentor nih *ayo buruan ngantri follow ignya*) wkwkw.


For Sure Ikhwah, cuman diri kita yang bisa lanjutin perjuangan kita, bisa engganya kita mencapai apa yang kita usahakan ya cuman diri kita yang tentuin! So... ayo jaga semangat juang kita agar motivasinya kuat dan ikhtiarnya jalan terus! *gaskeeun gengs* Jangan lupa juga segala-galanya wajib Lillahi ta'ala karena Allah SWT yang maha tahu segalanya yang terbaik buat hambanya. *deal with it?


Owkay! sekali lagi selamat dan terima kasih kepada Ukh Alnida Destiana Nishfathul, yang sudah sangat menginspirasi. Semoga semua kegiatan, usahanya dan informasi yang dibagikan ke kita semuanya dapat bernilai pahala oleh Allah SWT.


Selamat mempersiapkan diri bagi ikhwah yang ingin menjadi Mahasiswa Berprestasi!

Salam termanis dari team blog~ Sampai bertemu di #NgobrolBarengUKMITeam Volume selanjutnya, Have a nice day :)

79 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page